Radarmalut.com – Universitas Khairun (Unkhair) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding () dengan Kepolisian Republik () dalam pertukaran informasi untuk peningkatan sumber daya manusia.

Nota kesepahaman antara kedua pihak tersebut bernomor 336/UN44/KS.01/2024. Dalam subtansi kerjasama, yakni penyelenggaraan , pengkajian, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kelembagaan.

“MoU bertujuan meningkatkan kerjasama sinergitas dalam rangka agar meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ditandatangani langsung oleh Rektor Unkahir Ridha Ajam dan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo,” kata Subkor Bidang Kerjasama Efendi Abbas dikutip Unkhair.ac.id, Jumat (24/5/2024).

Menurutnya, di dalam ruang lingkup MoU kedua lembaga itu menyepakati adanya pertukaran pemanfaatan dan informasi yang dilakukan secara tertulis melalui elektronik maupun sebaliknya. Ia menjelaskan, diperluas dengan pont-point yang mencakup pendidikan vokasi, profesi, sarjana, magister dan doktor.

“Para pihak sepakat bekerjasama untuk kemajuan pendidikan pada perguruan tinggi, sehingga memberi kemudahan bagi pegawai negeri, anggota Polri yang berminat mengikuti jenjang pendidikan di Universitas Khairun Ternate,” bebernya.

Selain itu, dikatakan, ini bagian dari mendukung tugas dan fungsi masing-masing, di mana teknis penyelenggaraan kerjasama dilaksanakan berdasarkan kesepakatan bersama, baik Unkhair maupun Polri.

“Pembahasan mengenai verifikasi draf ruang lingkup rencana nota kesepahaman MoU Unkhair ternate dan Polri melalui via zoom yang berlangsung sekitar satu jam,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam penandatanganan MoU dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik Hasan Hamid, Kepala Biro Umum Kepegawaian dan Keuangan (BUKK) Tahir Abd Kadir, Sub Koordinator Bidang Kerjasama Afendi Abbas dan Amriyanto serta Tim Hukum Universitas Khairun.

Sementara dari Polri berkesempatan hadir Kepala Divisi Hukum Inpektur Jenderal Polisi, Viktor Sihombing beserta jajaran Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

***

Haerudin Muhammad
Editor
Radar Malut
Reporter