Radarmalut.com – Dunia pendidikan di mulai menunjukkan prestasinya dikanca nasional, tentu hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, Universitas Khairun (Unkhair) Ternate telah mengirim salah satu terbaiknya untuk mengikuti ajang di Kota Makassar.

Mahasiswi tersebut ialah , yang saat ini mengambil studi Pendidikan Fisika di Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Ia lolos sebagai peserta olimpiade nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Perguruan Tinggi ( PT) tahun 2024.

Untuk lolos, Sri Wulansari harus bersaing dengan rekan /i lainnya agar meraih nilai yang cukup. Mereka yang diseleksi, harus mampu menjawab soal-soal di empat bidang, yakni Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia. Olimpiade akan digelar di Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tangal 12-17 Mei 2024.

Salah satu Coaching Mahasiswa/i Unkhair Ternate, Abu Rahmat Ibrahim mengatakan, untuk bisa mengikuti ajang bergengsi itu, setiap peserta melewati tahapan seleksi tingkat universitas dan mesti memiliki kemampuan dibidang masing-masing.

“Untuk lolos, peserta memiliki kemampuan dibidangnya. Karena sejak bulan Februari 2024 hingga meloloskan 20 besar dari 5 besar dibidang masing-masing agar mengikuti seleksi olimpiade nasional MIPA tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah atau LLDIKTI XII,” katanya, seperti dikutip dari unkhair.ac.id, Sabtu (11/5/2024).

Rahmat menjelaskan, dari seluruh yang ikut diseleksi akan memilih satu peserta terbaik untuk mewakili Universitas Khairun di olimpiade nasional MIPA, dan di antara peserta terpilihlah Sri Wulansari, yang kini menempuh program studi pendidikan Fisika.

“Setelah seleksi, Unkhair berhasil meloloskan satu perwakilan untuk mengikuti olimpiade mewakili LLDIKTI XII di Universitas Hasanuddin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 12 hingga 17 Mei 2024,” ujarnya.

Sementara, Sri Wulansari menuturkan, lolos dalam seleksi tidak terlepas atas kerja kerasnya dan kontribusi banyak pihak. Selain itu, di bawah bimbingan orang yang tepat. Ia lalu meminta dukungan dan doa agar bisa bersaing dengan berbagai perguruan tinggi yang lainnya.

“Dukungan dan doa terutama teman-teman mahasiswa, semoga bisa mencapai hasil terbaik dari kompetisi. Insyaallah, bisa mengharumkan nama baik Universitas Khairun. Pengen sekali berkontribusi di kebanggan saya,” imbuhnya.

***

Haerudin Muhammad
Editor
Radar Malut
Reporter