Radarmalut.com – Kabar baik bagi di untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas tentang jurnalisme. Pasalnya, Persatuan Wartawan (PWI) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan () pada Juni 2024 mendatang.

UKW tersebut tidak dipunggut biaya sepeser pun dari panitia pelaksana dan dibuka untuk kompetensi, yakni muda, madya dan utama. Kegiatan ini atas kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara ().

“Uji kompetensi wartawan di Maluku Utara yang akan berlangsung bulan Juni 2024 itu tanpa dikenakan biaya alias gratis,”kata   PWI Maluku Utara, Asri Fabanyo, usai rapat pembentukan panitia UKW di , Senin (6/5/2024).

Asri menjelaskan, pembukaan pendaftaran UKW berlangsung dalam waktu sepuluh hari. bisa menghubungi panitia yang sudah dibentuk jika ada kesulitan saat mengisi formulir. Ia mengatakan, hasil rapat memutuskan Djuleha Amin sebagai ketua panitia.

“Pendaftaran dibuka tanggal 7 Mei dan akan ditutup 16 Mei 2024. Untuk pendaftaran langsung menghubungi ketua panitia yang sudah ditunjuk dalam rapat pembentukan,” ujar Asri, yang juga Pimred Surat Kabar Harian Aspirasi Malut.

Asri menyebut, awalnya direncanakan tempat UKW di , namun tidak ada kesiapan yang matang sehingga dialihkan di Ternate. Pihaknya membuka jenjang uji kompetensi kepada wartawan muda, madya dan utama.

“Peserta yang diterima sebanyak 36 dan dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok peserta sebanyak 6 orang. Selain itu, penguji UKW berasal dari PWI Pusat dan setiap kelompok terdapat satu penguji,” jelasnya.

Asri membeberkan, tidak membatasi peserta yang bukan dari anggota PWI, tetapi harus membuat kesepakatan dengan menandatangani surat persyataan yang menyebutkan bersedia menjadi anggota organisasi PWI.

“Tidak dibatasi yang ingin ikut UKW tapi wajib mengisi formulir pendaftaran sebagai peserta, dan dilampirkan dengan membuat surat pernyataan bergabung bersama PWI,” tuturnya.

Haerudin Muhammad
Editor
Radar Malut
Reporter