Radarmalut.com -Peristiwa kabakaran di halaman Stasiun Bahan Bakar Umum () di Kabupaten , . Api berasal dari konsleting salah satu usai melakukan pengisian bahan bakar minyak ().

Insiden tersebut di SPBU milik CV Taliabu Mandiri pada Senin (13/5/2024) sekitar pukul 10.20 WIT di Dusun Kebun Janda, Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat. Akibatnya, sepeda motor yang dikendarai Alprius Dolong Seda (37) hangus terbakar.

Penangung jawab SPBU, Sarni Syarif mengatakan, hal itu bermula ketika motor milik Alprius mengisi BBM di SPBU, namun terjadi ketika hendak menghidupkan kembali motornya.

“Usai mengisi BBM, pemiliknya mendorong motor dengan jarak 2 meteran dari nozzle, tetapi saat dihidupkan ulang tiba-tiba munculah api dari bagian bawah motor, sehingga langsung terjadi ,” katanya.

Sarni menjelaskan,  petugas yang menjaga dispenser SPBU panik dan langsung bergerak cepat mematikan kran saluran minyak. Sementara, pemilik motor tersebut lari saat melihat api terus membesar.

“Petugas padamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Apinya padam lalu motornya kami tarik menjauh dari areal SPBU untuk mencegah terjadi kebakaran lain lagi, karena masih banyak stok minyak di dalam tangki penyimpanan,” bebernya.

Sarni menuturkan, aktivitas SPBU akan beroperasi kembali seperti semula pada besok harinya. Meskipun ada sedikit bekas kebakaran yang mengenai bagian kabel dan dinding, namun tidak menyebabkan kerugian begitu besar.

“Besok beroperasi normal lagi, karena tidak ada kerugian. Hanya ada bekas hitam di kabel dan dinding yang berdekatan dengan nyala api tapi tidak terlalu berdampak,” jelasnya.

Terpisah, Kasi Humas Ipda Abdurahman Umaternate menungkapkan, kebakaran di SPBU itu penyebabnya karena pemilik motornya sudah memodifikasi bagian mesin injeksi ke karburator.

Haerudin Muhammad
Editor
Radar Malut
Reporter