Radarmalut.com – Dua tahun tower base transceiver station (BTS) 4G dari Kominfo sudah terpasang di Desa , , , namun sampai saat ini tak kunjung berfungi sehingga harus mencari di kebun.

Salah satu warga, Sahib Munawar mengatakan, sejak terpasang di desanya dari tahun 2022 hingga sekarang tidak bisa dipergunakan untuk membantu melayani kebutuhan telekomunikasi. Ia dan warga lainnya pun merasa diabaikan oleh pihak terkait.

“Kami warga Desa Pelita sangat kecewa atas kinerja Kominfo dan Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan, karena tak perhatikan keluhan kami selama ini. Tower ini hanya pajangan, jadi lebih baik dicabut saja,” katanya, Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, perbaikan tower BTS di Desa Pelita oleh petugas bukan hanya sekali, namun pasca dari itu tidak ada perubahan. Sehingga warga curiga bahwa perbaikan tersebut sebagai akal-akalan agar terkesan ada perhatian.

“Menara tower BTS 4G dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI itu terpasang dua tahun ini tidak berfungsi dan kalau petugas datang sekedar seadanya tanpa ada progres,” jelasnya.

Sahib pun membandingkan sebelum dipasang tower BTS, warga sangat mudah memperoleh jaringan di tempat-tempat tertentu di desanya. “Kami dulu terbantu dengan jaringan di pelabuhan dan bukit belakang desa, dan itu cukup bagus dibandingkan usai adanya pemasangan tower dari pemerintah,” sebutnya.

Sahib prihatin dengan guru-guru di Desa Pelita jika ingin mendapatkan informasi berhubungan dengan tugasnya harus berjuang mencari jaringan internet di kebun warga desa tetangga yang jaraknya cukup jauh.

“Keadaan seperti itu kerap kali dilakukan saat melakukan kerja-kerja yang mesti membutuhkan jaringan internet. Padahal, belum lama ini ada petugas datang cek tapi selepas dari itu makin parah,” jelasnya.

Sementara, Kepala Diskominfo Halmahera Selatan Sutego mengatakan, hal tersebut bukan kewenangan pemerintah daerah, tetapi domainnya ada pada pemerintah pusat. Pihaknya hanya bisa melaporkan bahwa ada kendala di lapangan.

Haerudin Muhammad
Editor
Radar Malut
Reporter