Radarmalut.com – Universitas Khairun (Unkhair) Ternate terus melebarkan sayapnya untuk bersaing dengan -kampus di luar dari . Hal ini dilakukan untuk mencerdaskan generasi kini dan akan datang dalam dunia akademik, seperti motonya ‘maju bersama ilmu membangun negeri'.

Belum lama ini, Unkhair mendapatkan tambahan program studi () Pascasajarna Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial () dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi () Republik Indonesia.

Izin pembukaan pascasarjana tersebut berdasarkan surat keputusan Mendikbudristek Nomor 284/E/0/2024 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Magister Universitas Khairun Ternate.

Dengan SK itu program studi Pascasarjana PIPS Unkhair Terante dinyatakan telah memenuhi sejumlah persyaratan untuk menyelenggarakan penerimaan baru. Selain itu, maka sudah ada sembilan program magister.

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjana, Amran Husen mengatakan izin yang dikantongi maka langka selanjutnya dilakukan pembukaan penerimaan mahasiswa baru pada September 2024 mendatang.

“Tahun ini sudah ada penerimaan mahasiswa baru. Dengan bertambahnya Prodi baru tersebut, maka Pascasarjana Unkhair, telah memiliki 9 program magister,” katanya, dilansir dalam unkhair.ac.id, Rabu (15/5/2024).

Menurutnya, selama ini magister berbasis Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) belum ada, sehingga menjadi kesempatan bagi alumni, terutama para guru, baik guru SD, SMP, maupun SMA untuk melanjutkan studi dengan disiplin ilmu linear.

“Bulan mendatang Pascasarjana Unkhair akan melakukan penjaringan calon mahasiswa melalui sosialisasi di beberapa daerah, yakni di Ternate, Tidore Kepulauan, , dan Halmahera Barat,” jelasnya.

Perlu diketahui, Delapan di , yakni Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Teknik Sipil, Ilmu Kelautan, Ilmu Pertanian, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika.

***

Haerudin Muhammad
Editor
Radar Malut
Reporter